Jumat, 31 Oktober 2014

PENANGGULANGAN BAHAYA SAMPAH PLASTIK

BAB I
PENDAHULUAN
1.1       LATAR BELAKANG
Salah  satu  faktor  yang  menyebabkan  rusaknya  lingkungan  hidup  yang sampai  saat ini masih menjadi  renungan  besar  bagi  bangsa  Indonesia  adalah  faktor  pembuangan limbah sampah plastik, dan pembuangan sampah sembarangan ke sungai, sebenarnya kantong plastik  yang sudah menjadi sampah akan berbahaya dan sulit untuk dikelola. Manusia dapat mendeteksi berbagai hal yang mengancam hidupnya tapi belum tertanam pada diri masing-masing akan akibat yang telah dilakukan atas ketidaksadarannya dengan lingkungan.
 Lebih dari 75.000 bahan kimia sintetis telah dihasilkan manusia dalam beberapa puluh tahun terakhir, banyak yang tidak berwarna, berasa dan berbau namun potensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan yang berdampak dalam waktu jangka panjang, seperti kanker, pernafasan dan lain-lain. Potensi penyakit tersebut terlalu sering diabaikan dan tidak mempermasalahkannya yang mungkin karena penyakit tersebut akan muncul setelah beberapa tahun kedepan.
Sampah merupakan hal yang sangat banyak menyebabkan masalah, tidak hanya penyakit namun dapat menimbulkan juga bencana alam serta, lebih menari perhatian kita adalah karena sampah dapat merusak keindahan dan kebersihan sehingga tidak ada nya kenyamanan lingungan, dan mengancam kelangsungan hidup untuk penerus bangsa.

1.2      PERUMUSAN MASALAH
          Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah pada penelitian yaitu:
 1.      Apakah  yang  di  maksud  dengan  sampah?
 2.      Apa  saja  bagian  –  bagian  sampah? 
  3.     Bagaimana  dampak  sampah  bagi  kehidupan?                                                                         4.     Bagaimana  bahaya  sampah  plastic  bagi  kesehatan  dan  lingkungan?
5.    Bagaimana  cara  mengurangi  sampah?
6.    Apa  yang  di  maksud  dengan  prinsip  produksi  bersih?

1.3       PEMBATASAN MASALAH
1.            Penelitian dilakukan hanya seputar sampah
2.            Sampah plastik lebih dibahas dibandingkan dengan yang lain
3.            Penulisan didapatkan dari hasil yang logis atau masuk akal.

1.4       TUJUAN PENELITIAN
            Mengetahui  bahaya  racun  yang  ditimbulkan  oleh  sampah. Saat ini sampah telah banyak berubah. Di masa 1980 orang masih mnggunakan tas dan membungkus dengan daun jati, pada jaman sekarang berhadapan dengan sampah jenis baru yaitu plastic karena sekarang orang lebih banyak menggunakan plastic untuk membungkus atau untuk keperluan lain dengan plastic. Sampah plastic dibuat dari bahan sintetis, menggunakan minyak bumi sebagai bahan dasar dengan tambahan logam berat seperti kadnium, timbale, nikel, atau bahan-bahan beracun dan kandungan bahan pada plastic lebih banyak racun dan tidak akan terlepas atau terurai begitu saja dan membutuhkan waktu yang panjang agar plastic tersebut dapat terurai.
             Setelah mengetahui hal itu maka lebih hati-hati dalam penggunaan plastic, karna bahan kimia yang dikandungnya sangat berbahaya bagi tubuh kita dapat melalui minuman dan makanan. Dioksin adalah salah satu dari bahan kimia yang telah diteliti merupakan penyebab kanker, pada abu hasil pembakaran juga berisi berbagai logam berat yang terkandung dari plastic berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit.

1.5      MANFAAT PENELITIAN
           Manfaat dari penelitian diharapkan pembaca dapat mengetahui sampah yang ada, bagian-bagian dari sampah, kandungan, jenisnya dan bahaya nya yang ditimbulkan oleh sampah khususnya sampah plastic dan cara mengurangi dan mengerti prinsip produksi bersih serta peduli lingkungan yang bersih dan sehat.

1.6       KERANGKA PIKIR PENELITIAN
1.            Pengertian Sampah
2.            Dampak Bagi Manusia dan Lingkungan Sekitar
3.            Bahaya Dari Sampah Plastik
4.            Usaha Pengendalian Sampah
5.            Prinsip Produksi Bersih
6.            Peran Pemerintah Terhadap Penanggulangan Sampah
7.            Kompos Sebagai Alternative Masalah Sampah




                                                                                                        Nama : Lessy Novelyan Permata Sari 
                                                                                                        Npm   : 34412182
                                                                                                        Kelas   : 3ID06
                                                                                                     Tugas Softskill Metode Penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar